Panduan pemula menggunakan Construct 2 Bagian 6

Variabel Instance

Variabel misalnya memungkinkan setiap rakasa untuk menyimpan nilai kesehatan sendiri. Variabel adalah hanya nilai yang dapat mengubah (atau bervariasi ), dan mereka disimpan secara terpisah untuk setiap contoh, maka nama variabel contoh .

Mari menambahkan kesehatan variabel misalnya untuk rakasa kami. Klik rakasa di bar proyek atau objek bar. Atau, Anda dapat beralih kembali ke tata letak dan pilih objek rakasa. Ini akan menunjukkan sifat rakasa itu di properti bar. Klik Add / mengedit oleh Sunting variabel .

[Menambahkan variabel contoh yang baru.] [36]

Dialog Variabel Instance muncul. Ini terlihat mirip dengan dialog Perilaku kita lihat sebelumnya, tetapi memungkinkan Anda untuk menambah dan mengubah variabel contoh untuk objek. Klik hijau Add tombol untuk menambahkan yang baru.

[Menambahkan ‘kesehatan’ variabel contoh.] [37]

Pada dialog yang muncul, ketik kesehatan untuk nama, meninggalkan Jenis sebagai Nomor , dan untuk nilai Initial masukkan 5 (seperti yang ditunjukkan). Ini dimulai setiap rakasa pada 5 kesehatan. Ketika mereka tertabrak kita akan kurangi 1 dari kesehatan, dan kemudian ketika kesehatan adalah nol kita akan menghancurkan objek.

Setelah selesai klik OK. Perhatikan variabel sekarang muncul dalam dialog variabel misalnya dan juga di properti untuk rakasa juga. (Anda dapat dengan cepat mengubah nilai awal pada properti bar, tapi untuk menambah atau menghapus variabel Anda harus mengklik Tambah / Edit Link.)

[Variabel misalnya kesehatan sekarang ditambahkan ke rakasa.] [38]

Changing Peristiwa

Beralih kembali ke lembar acara. Sekarang, kita menghancurkan monster secepat peluru hits mereka. Mari kita mengubah itu untuk mengurangi 1 dari kesehatan.

Cari acara yang bertuliskan: Bullet – tabrakan dengan Rakasa . Perhatikan kita punya “menghancurkan rakasa” tindakan. Mari kita ganti bahwa dengan “kurangi 1 dari kesehatan”. Klik kanan “menghancurkan rakasa” tindakan dan klik Ganti .

[Mengganti tindakan.] [39]

Dialog yang sama muncul seolah-olah kita memasukkan tindakan baru, tapi kali ini akan menggantikan tindakan kita diklik gantinya. Pilih Rakasa -> Kurangi dari (di variabel Instance kategori) -> variabel Instance “kesehatan”, dan masukkan 1 untuk Nilai . Klik Selesai . Tindakan seharusnya sekarang muncul seperti ini:

[Mengurangkan 1 dari kesehatan rakasa itu.] [40]

Sekarang ketika kita menembak monster mereka kehilangan 1 kesehatan dan meledak peluru, tapi kami belum membuat sebuah acara untuk membunuh monster ketika kesehatan mereka mencapai nol. Tambahkan acara lain:

Kondisi: Rakasa -> Bandingkan variabel contoh -> Kesehatan, Kurang atau sama , 0
Aksi: Rakasa -> Telur ikan objek lain -> Ledakan, lapisan 1
Aksi: Rakasa -> Hancurkan

[Acara selesai.] [41]

Mengapa “kurang atau sama 0” bukan “sama dengan 0”? Misalkan kita menambahkan lagi senjata yang lebih kuat yang dikurangi 2 dari kesehatan. Ketika Anda menembak rakasa, kesehatan akan pergi 5 , 3 , 1 , – 1 , – 3 … pemberitahuan tanpa titik yang kesehatan langsung sama dengan nol , sehingga tidak pernah mati! Oleh karena itu, praktek yang baik untuk menggunakan “kurang atau sama” untuk menguji apakah kesehatan sesuatu telah habis.

Menjalankan permainan. Anda sekarang harus memukul monster lima kali untuk membunuh mereka!

Menjaga nilai

Mari kita skor jadi pemain tahu seberapa baik mereka lakukan. Kita akan membutuhkan variabel lain untuk ini. Anda mungkin berpikir “memungkinkan menempatkan nilai sebagai salah satu variabel contoh pemain!”. Itu bukan buruk ide pertama, tapi ingat nilai disimpan “di” objek. Jika tidak ada kasus, tidak ada variabel baik! Jadi jika kita menghancurkan pemain, kita tidak bisa lagi mengatakan apa nilai mereka, karena itu dihancurkan dengan pemain.

Sebaliknya, kita dapat menggunakan variabel global . Seperti variabel contoh, variabel global (atau hanya “global”) dapat menyimpan teks atau nomor. Masing-masing variabel dapat menyimpan satu nomor atau satu bagian dari teks. Variabel global juga tersedia untuk seluruh permainan di semua layout – nyaman jika kita menambah tingkat lain.

Klik kanan ruang di bagian bawah lembar acara, dan pilih Tambahkan variabel global .

[Menambahkan variabel global.] [42]

Masukkan Score sebagai nama. Default bidang lain yang OK, itu akan membuat sejumlah mulai dari 0.

[Menambahkan Skor global.] [43]

Sekarang variabel global muncul sebagai garis dalam lembar acara. Ini dalam lembar acara ini, tetapi dapat diakses dari sheet acara di tata letak apapun.

[Skor variabel global.] [44]

Catatan: ada juga variabel lokal yang hanya dapat diakses oleh lebih kecil “lingkup” peristiwa, tapi kita tidak perlu khawatir tentang itu sekarang.

Mari kita memberikan pemain titik untuk membunuh rakasa. Dalam “Rakasa: kesehatan kurang atau sama 0” kami acara (ketika rakasa meninggal), klik Add tindakan , dan pilih Sistem -> Tambahkan ke (bawah global & variabel lokal) -> Skor , nilai 1 . Sekarang acara akan terlihat seperti ini:

[Acara memberikan pemain beberapa nilai.] [45]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *